Tuesday, June 17, 2008

IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNS

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran cooperative learning pada mata kuliah matematika keuangan agar mahasiswa mampu memahami dan menyerap materi matematika keuangan secara lebih mudah sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Ekonomi FKIP UNS dan didesain sebanyak tiga siklus. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai maka penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan metode cooperative learning dalam hal ini metode student team achievement division (STAD). Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: Metode cooperative learning dalam hal ini model Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa, kerjasama kelompok, prestasi belajar mahasiswa serta mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.


Kata kunci : Metode Pembelajaran, cooperative learning, STAD, Matematika Keuangan
(Penelitian yang dilakukan oleh Jaryanto & Khresna Bayu Sangka, SE, MM)

No comments: